JURUSAN PKNH AKAN MELAKSANAKAN WORKSHOP MANDELEY

Menyusun tugas akhir skripsi merupakan tugas purna dari mahasiswa untuk bisa memperoleh gelar sarjana. Namun, meskipun sudah mengenyam kuliah selama 3 tahunan masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menyusun buku skripsi. Salah satu kendala yang paling umum dijumpai adalah kesulitan dalam melakukan sitasi.

Sitasi merupakan elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran/kutipan.

Apalagi dengan dengan banyaknya kampanye anti plagiarisme yang digalakkan oleh semua perguruan tinggi. Tentunya hal ini membuat sebagian mahasiswa khawatir, apakah karya tulis ilmiahnya tanpa disengaja melakukan plagiasi atau tidak?

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, jurusan PKnH akan melaksanakan Workshop Mandeley. Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sitasi dan tekni sitasi untuk penulisan skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menulis skripsi. Workshop Mendeley akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2017 pukul 09.00 – 12.00 WIB, di Ruang Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial. Workshop ini ditujukan kepada mahasiswa Jurusan PKnH yang akan menulis skripsi, dan diharapkan setiap peserta membawa laptop agar bisa langsung praktik.

Untuk pendaftaran peserta bisa mengisi biodata di link berikut ini: https://goo.gl/forms/uBSgcsrD3KvcyzAK2

Tags: