MAHASISWA PPKn UNP MELAKUKAN KUNJUNGAN STUDI KE PPKnH FIS UNY

Jumat, 28/4 Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum FIS UNY kedatangan tamu dosen dan mahasiswa  dari Universitas Negeri Padang. Kunjungan UNP pada kesempatan kali ini dikemas apik melalui kegiatan dialog akademik dan presentasi mahasiswa antar kedua Universitas.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua Program Studi PPKn PPs UNY Dr. Suharno, M.Si. Dalam sambutan tersebut Suharno menyampaikan harapan agar UNY dan UNP rutin menyelenggarakan kegiatan pertemuan ilmiah lintas perguruan tinggi. Menurut beliau kegiatan pertemuan ilmiah antar universitas merupakan bentuk ikhtiar dalam meningkatkan kerjasama dan kualitas masing-masing perguruan tinggi sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan kedua pihak. Selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Program Studi PPKn FIS UNY yang memaparkan pentingnya menjaga silaturrahmi dan saling tukar informasi kajian terbaru tentang ke-PPKn-an. Menurut Murdiono, kunjungan dari UNP ini merupakan kunjungan yang sudah lama dinanti, karena pada awal november keluarga besar PKnH FIS UNY sudah berkunjung dahulu ke UNP dengan membawa banyak ilmu.

Agenda berikutnya ialah pemaparan singkat karya dari perwakilan kedua perguruan tinggi. Perwakilan UNY disampaikan oleh Mutiara Nurmanita sedangkan pihak UNP diwakili makalah karya Monica Tiara. Pemaparan yang disampaikan oleh Yuni berkaitan dengan “Tantangan Guru PKn di Abad 21”. Yuni menyampaikan bahwa di abad 21, guru PKn dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Berbada dengan UNY, perwakilan UNP mengangkat makalah yang bertemakan Etnisitas Masyarakat Peranakan dan Suku Asli Padang. Diskusi berlangsung dengan tanya-jawab baik dari Mahasiswa UNP dan UNY selama kurang lebih satu jam. Diskusi ilmiah tersebut dilanjutkan oleh paparan materi dari Dr. Samsuri mengenai Realitas PKn di era Kontemporer.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara UNP dan UNY. Kemudian, follow up dari kegiatan tersebut dibuat grup WhatsUp untuk komunikasi berkelanjutan dan rencana membuat asosiasi mahasiswa pasca sarjana Indonesia. (Sutiyono)