MEDIA PEMBELAJARAN KARYA MAHASISWA PKNH DIPAMERKAN

Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum FIS UNY angkatan 2014 menyelenggarakan acara Talkshow dan Pameran Media Pembelajaran PKn dengan tema “Tumbuhkan Semangat Kewarganegaraan Kreatif dalam Karya Menuju Indonesia Cerdas” pada hari Kamis, 12 Januari 2017. Acara tersebut dilaksanakan di dua tempat, yaitu Talkshow di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY dan Pameran Media Pembelajaran PKn di Taman Ki Hajar Dewantara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai bentuk media pembelajaran PKn yang kreatif dan inovatif, serta bentuk perangkat pembelajaran PKn yang baik dan benar. Acara tersebut merupakan salah satu tugas akhir ataupun output dari Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran PKn serta menjadi kegiatan pameran media pembelajaran pertama yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 181 orang terdiri dari guru PPKn, Mahasiswa PKn UNY dan Mahasiswa FIS UNY

Talkshow menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Mukhammad Murdiono, M.Pd (Ketua Jurusan PKnH) dan Cholisin, M.Si (Dosen Jurusan PKnH). Menurut Cholisin, dalam membuat media pembelajaran yang perlu ditekankan adalah subtansi atau pesannya. “Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat media pembelajaran antara lain media pembelajaran harus melayani siswa (siswa sebagai subyek), fokusnya pada hak dan kewajiban warga negara, mengandung PKn yang multi dimensi, media bersifat interaktif, mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skill) kepada siswa, serta dimuatnya nilai-nilai IQ, SQ, dan EQ dalam media pembelajaran” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Murdiono menjelaskan salah satu kriteria untuk menjadi guru yang profesional memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran yang diajarkan dan mengetahui bagaimana mengajarkan mata pelajaran tersebut kepada siswa. “Upaya yang dapat dilakukan dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut salah satunya adalah melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar siswa dikarenakan melalui media pembelajaran, nilai-nilai atau pesan-pesan yang ingin disampaikan dapat lebih terkomunikasikan dengan baik” jelasnya.

Pameran Media Pembelajaran PKn menampilkan berbagai jenis media pembelajaran baik dalam bentuk konvensional (memanfaatkan barang-barang disekitarnya) maupun modern (menggunakan teknologi terkini). Selain menampilkan berbagai jenis media pembelajaran, dalam pameran tersebut juga menampilkan bentuk perangkat pembelajaran yang baik dan benar. Total terdapat 12 buah media pembelajaran karya mahasiswa PKnH 2014 serta beberapa media pembelajaran karya kakak tingkat. Diharapkan dengan diadakannya Talkshow dan Pameran Media Pembelajaran PKn ini adalah mampu memberikan informasi guru PKn baik di SMP ataupun SMA sehingga kedepannya guru PKn dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada siswa melalui media-media pembelajarn PKn. (Sugeng triyono/Eko)