LOMBA CERDAS CERMAT KEWARGANEGARAAN DAN UUD 1945 "Dalam Rangka Meningkatkan Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan"

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Pancasila dan UUD 1945 SMA/SMK Sederajat tingkat nasional pada 09 Oktober 2021 dan 16 Oktober 2021. LCC yang berlangsung selama dua hari dari pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore tersebut dilaksanakan secara online dan diikuti oleh 90 Tim. Setiap tim lomba beranggotakan tiga siswa perwakilan masing-masing SMA/SMK Sederajat dari berbagai provinsi di Indonesia. Tujuan Terselenggaranya acara ini adalah Untuk dapat meningkatkan wawasan kebangsaan generasi muda melalui pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila dan Konstitusi yang berlaku di negara Indonesia.

Pada hari pertama ajang perlombaan di laksanakan Babak Penyisihan. Pada babak penyisihan para peserta wajib mengerjakan 50 soal pilihan ganda bersama dengan TIM dalam satu lokasi yang sama menggunakan satu perangkat. Dibabak ini peserta yang berhak lolos ke semifinal hanya 9 team.

Pada hari kedua tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2021, terdapat 9 team yang mampu lolos ke babak semifinal yaitu SMAN 5 Yogyakarta, SMAN 1 Seponti, SMAN 5 Pontianak, SMA N 1 Randu blatung, MAN Kotawaringin Timur, SMAN 3 Sukoharjo, SMAN 1 Tengaran Semarang, SMAN 2 Bantul, dan MAN 1 Blitar. Dari 9 tim tersebut hanya 3 tim yang berhak melaju kebabak final.

Babak final masih dihari yang sama dan dilaksanakan pada pukul 13.00-16.00 WIB akhirnya di dapatkan juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Cerdas Cermat yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, yaitu yang menjadi Juara 1 SMAN 5 Pontianak, Juara 2 di dapatkan oleh SMA N 1 Seponti, dan Juara 3 dari SMAN 5 Yogyakarta.

Cici Paramida selaku ketua Panitia LCC Pancasila dan UUD 1945 mengucapkan “Selamat kepada pemenang, harapannya melalui ajang lomba yang kami selenggarakan generasi muda dapat meningkatkan semangat belajar dan mampu menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945 kemudian dapat membangun dan menambah relasi antar sekolah di seluruh Indonesia sehingga dapat memperkokoh persatuan bangsa dapat juga memberikan pemahaman pada seluruh pelajar bahwa pentingnya kebhinekaan untuk memperkuat rasa toleransi antar kemajemukan di Indonesia, serta untuk meningkatkan semangat dan membentuk generasi muda berkarakter melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”. Pungkasnya