Visi & Misi

VISI


Pada tahun 2025 terwujud Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu menghasilkan tenaga kependidikan bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang bertakwa, mandiri, cendekia, berwawasan global, serta memiliki  kompetensi untuk membentuk warga negara yang baik (good citizen), yang memiliki kesadaran moral, kesadaran politik, dan kesadaran hukum berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

MISI


  1. Mengembangkan sistem kelembagaan program studi yang memiliki jati diri kependidikan, sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki keunggulan kompetensi dalam bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan.
  2. Mengembangkan peran kelembagaan Program Studi untuk dapat menjadi salah satu pusat pengembangan dan pembaharuan Pendidikan Kewarganegaraan, sejalan dengan kepentingan nasional dan kesadaran sebagai warga global.
  3. Mengembangkan sistem kelembagaan yang mampu menjadi salah satu institusi yang berperan dalam membangun watak bangsa (nation and character building), demi terwujudnya masyarakat warga (civil society) yang demokratis dan bertanggung jawab.
  4. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan semangat kebebasan akademik, menjunjung nilai-nilai ke-Indonesia-an dan menginternalisasikan karakter ketakwaan, kemandirian serta kecendekiaan.
  5. Menyelenggarakan dharma pendidikan dan pengajaran yang akademis dan profesional di bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis pada ilmu-ilmu politik, hukum dan moral/filsafat.
  6. Melaksanakan dharma penelitian yang mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mendukung dharma pendidikan pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat, di bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis pada ilmu-ilmu politik, hukum dan moral/filsafat.
  7. Menyelenggarakan dharma pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan/atau berdasar hasil penelitian, di bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis pada rumpun keilmuan; politik, hukum dan filsafat moral.

TUJUAN

  1. Menjadikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNY sebagai lembaga yang mempunyaiperan untuk dapat menjadi salah satu pusat pengembangan dan pembaharuan Pendidikan Kewarganegaraan, sejalan dengan kepentingan nasional dan kesadaran sebagai warga global.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa dan bermoral Pancasila, berkepribadian demokratis, adil, mandiri, kritis, inovatif, dan berpartisipasi serta bertanggung jawab dalam pembangunan bangsa dan negara.
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi akademis dan profesional, yang kompetitif dan responsif terhadap berbagai masalah kehidupan bangsa dan negara  serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan untuk bekerja di luar bidang kependidikan seperti di bidang penelitian, pemerintahan, litigasi, administrasi hukum dan  berwirausaha.
  5. Mengembangkan kajian dalam bidang pendidikan kewarganegaraanmelalui penyampaian gagasan, pemikiran serta melalui penelitian oleh civitas akademika program studi, untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu melalui prosedur penelitan yang benar.
  6. Memberikan layanan kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang terkait dengan bidang  Pendidikan Kewarganegaraan beserta lingkup keilmuan di dalamnya (Politik, Hukum dan Moral/Filsafat) atau bidang sosial lainnya.
  7. Mengembangkan jejaring program studi dengan stakeholder untuk mendukung pengembangan lembaga dan keilmuan serta pelaksanaan tridharma perguruan tinggi