SEJARAH SINGKAT


Program Studi (sekaligus Jurusan) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) secara resmi diselenggarakan melalui SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 55 Tahun 1963, tanggal 22 Mei 1963, dengan nama program studi Civics-Hukum (CH), sebagai bagian dari Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS).

Dalam iklim digencarkannya semangat “melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen” oleh pemerintahan Orde Baru, pada tahun 1970-an Program studi CH berganti nama menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

Terjadi perubahan nama lagi pada tahun 1980-an menjadi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMPKn). Penambahan kembali kata kewarganegaraan menyiratkan pentingnya kajian keilmuan dalam rangka penguatan warga negara. Pada tahun 1995, kata “moral” dihilangkan dari nama Jurusan/Prodi. Nama Jurusan/Prodi berganti menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Lintasan sejarah tersebut menyiratkan mudahnya intervensi rezim dalam pendidikan kewarganegaraan. Berpijak pada realitas tersebut, menguat hasrat untuk memperkuat keilmuan dalam kajian kewarganegaraan pada umumnya, yang secara khusus tampak dari penamaan Program Studi.

Seiring dengan perluasan mandat (wider mandate) IKIP Yogyakarta dari institut menjadi Universitas pada tahun 1999, dibuka berbagai program non kependidikan untuk menunjang program-program studi kependidikan. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan bermaksud membuka Program Studi baru, yaitu ilmu hukum. Sejak tahun 2005 nama jurusan berganti menjadi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH), dengan sementara satu Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Perubahan tersebut bersamaan dengan kegigihan masyarakat kampus (khususnya Program Studi PKn UNY) untuk mewujudkan pendidikan kewarganegaraan dengan keilmuan yang kokoh (established), sebagamana yang terjadi di berbagai negara yang dikenal dengan civic education, citizenship, citizenship education, dan sebagainya. Oleh karena itu, lahir apa yang kini disebut sebagai paradigma baru pendidikan kewarganegaraan (new paradigm of civic education). Program Studi PKn UNY termasuk salah satu lembaga perintis paradigma baru PKn.

Dengan segala keunggulannya sampai saat ini jurusan Pendiddikan Kewarganegaraan dan Hukum terakreditasi A dari BAN-PT dengan Nomor 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 yang berlaku sejak 14 Maret 2015-14 Maret 2020.